Makanan Pendamping ASI yang sehat dan menambah selera

Makanan Pendamping ASI yang sehat dan menambah selera

Seringkali buah hati kita yang masih bayi menolak ketika pemberian ASI atau makanan pendamping ASI sehingga membuat kita kebingungan. Kondisi ini sering terjadi ketika sang bayi sedang kurang sehat atau sakit. Padahal ASI atau makanan pendamping ASi merupakan salah satu cara untuk membuat kondisi tubuh bayi cepat pulih dan sehat. Kondisi ini di khawatirkan akan mengakibatkan kesehatannya semakin memburuk. Oleh sebab itu kita harus mencari makanan pendamping yang mempunyai selera agar penambah nafsu makan anak bertambah.

Peranan makanan pendamping ASi sangat penting berpengaruh besar dalam perkembangan bayi terutama dalam memberikan energi dan dan zat gizi yang di butuhkan bayi. Salah satu cara yang aman untuk pemberian makanan pendamping ASi adalah dengan memvariasikan menu makanan, Dengan demikian selera makan bayi dapat bertambah dan pengenalan bayi terhadap jenis rasa dapat bertambah.

Berikut beberapa cara pemberian makanan pendamping asi yang menambah selera

Makanan pendamping asi sebenarnya berperan sebagai penambah gizi atau nutrisi tubuh bayi bukan untuk pengganti ASI. Karena bayi pada saat itu sedang dalam proses perkembangan tubuh maupun otak. Sehingga sangat penting untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi yang baik. Salah satunya dengan memberikan makanan pendamping yang sehat dan menambah selera.

Berikan makanan yang mudah di cerna

Makanan pendamping asi yang pertama adalah bubur. Bubur merupakan salah satu makanan pendamping bayi yang mudah di cerna. Karena tubuh akan lebih fokus pada aktivitas penyerapan nutrisi. Anda dapat mengkombinasikan bubur tersebut dengan bahan-bahan lain seperti sayur-sayuran atau daging. Agar tubuh bayi mampu mendapatkan vitamin dan protein yang baik. Sehingga perkembangan tubuhnya pun berjalan dengan baik.

Berikan makanan yang mengandung kuah

Makanan yang mengandung kuah lebih mudah untuk di cerna oleh bayi. Kita dapat memberikan sup sayuran dengan di tambahkan dengan kaldu ayam untuk tambahan bubur. Dengan demikian sistem metabolisme tubuh bayi akan lebih mudah, Sehingga dapat mengurangi aktivitas mencerna dan tubuh akan lebih fokus dalam proses pemulihan.

Berikan makanan cemilan yang sehat

Kita dapat menyediakan cemilan yang sehat untuk bayi yang anda olah dari salah satu bahan seperti yogurt, keju, buah, dan sayur, Sehingga meskipun makanan sedikit akan tetapi mengandung nutrisi yang banyak, Sehingga kebutuhan nutrisi tubuh bayi dapat tercukupi dengan seimbang. Di sarankan cemilan di buat sendiri, Adapun walaupun bila memang terdesak waktu seperti sedang dalam perjalanan maka dapat membeli cemilan khusus bayi.

Ciptakan Suasana Nyaman

Ciptakan suasana yang nyaman dan asik saat makan bersama dengan bayi. Apalagi pada bayi yang sudah berusia 10 bulan ke atas dimana masa anak-anak sedang susah-susahnya di ajak makan. Nah untuk itu kita bisa mengatasinya dengan membuat makanan yang mengandung selera dan membuat suasana nyaman. Tidak di sarankan pemberian makanan pada anak dengan menu yang sama dalam satu hari. Misalnya pagi dengan bubur, siang dengan bubur, sore masih dengan bubur. Meskipun memiliki nafsu makan yang baik akan tetapi sebaiknya kita mengimbangkan dengan cemilan seperti jus buah dan sayur.

Demikian Informasi yang dapat saya sampaikan tentang makanan pendamping ASI yang sehat dan menambah selera. Smoga setelah membaca artikel ini pengetahuankita tentang makanan pendamping ASI dapat bertambah. Dan kita dapat menggunakannya kepada buah hati kita. Agar kondisi tubuh anak kita sehat dan berkembang dengan baik.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *