Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Mungkin nama madu sudah tidak asing lagi kita dengar di telinga kita. Karena sejak jaman dahulu madu sudah terkenal dengan manfaat dan khasiatnya yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Salah satunya manfaat madu untuk ibu hamil dan menambah stamina tubuh. Sehingga banyak masyarakat yang mencari madu untuk untuk di jual ataupun untuk menjaga kesehatannya.

beberapa manfaat madu untuk ibu hamil
Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Sudah selazimnya seorang wanita yang tengah mengandung harus selalu berada dalam kondisi tubuh yang sehat. Karena Kesehatan sang ibu akan sangat mempengaruhi kesehatan si calon bayi atau janinnya. Namun ibu yang sedang hamil juga mengalami kondisi yang terkadang tidak menyenangkan. Maka perlu mendapatkan penjagaan yang baik saat sedang hamil. Madu merupakan salah satu cairan penunjang kesehatan yang sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil.

Beberapa Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Sebelum kita membahas tentang manfaat madu untuk ibu hamil, Alangkah baiknya kita juga mengetahi kandungan yang terdapat dalam madu. Madu kaya akan kandungan gizi mulai dari asam amino, zat gula glukosa dan fruktosa, vitamin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, dan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, zat besi, sulfut, dan mangan. Selain itu, madu juga dilengkapi dengan keunggulan lain yaitu kandungan antibiotik yang terdapat dalam setiap tetesnya. Itulah kenapa madu menjadi salah satu sumber energy yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

  • Memperkuat kandungan ibu hamil

Pada masa kehamilan terdapat 6 peran hormone yang menentukan kesehatan kandungan dan janin. Dua di antaranya adalah hormone HCG dan HPL, Dua jenis hormon tersebut yang mempunyai peran besar untuk membantu menjaga perlekatan telur pada dinding rahim, menjaga kondisi endometrium pada dinding rahim dan membantu proses perkembangan telur menjadi matang. Termasuk dengan memastikan suplai nutrisi dari ibu menuju janin.

Madu mempunyai beberapa senyawa penting yang dapat membantu mendorong produksi kedua hormon tersebut. Sangat baik untuk menjaga kekokohan keberadaan janin dalam kandungan dan menjaga perkembangan janin sampai siap di lahirkan. Madu akan mencegah ke gagalan kehamilan, cacat janin dan keguguran.

  • Meningkatkan hemoglobin ibu hamil

Dalam madu di temukan senyawa unik yang bernama tryptophan yang bekerja untuk memicu tubuh memproduksi hormon serotonin. Hormon ini akan berfungsi untuk memberi efek menenangkan, nyaman, ceria, dan relaks. Hormon ini juga bekerja membantu ibu hamil untuk lebih mudah tidur nyenyak.

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh

Pada saat ibu sedang hamil sistem kekebalan tubuhnya menjadi berkurang. Dan pada saat masa kehamilan ini gejala penyakit sering terjadi seperi pilek, batuk dan bahkan mengalami susah bernafas. Kandungan vitamin anti bakteri dan antioksidan yang terdapat dalam madu dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

  • Membantu mengurangi rasa mual dan perut panas

Rasa mual yang terjadi pada ibu hamil itu terjadi karena hormone HCG yang meningkat sehingga menjadi masalah dengan hormonal mereka. Dan rasa mual itu kerap mendorong perut terasa panas dan kembung.

Vitamin B yang terdapat dalam madu dapat memberi stimulant relaks yang dapat membantu mengendalikan kondisi hipotalamus pada otak. Dan akan membuat titik keseimbangan otak terjaga dan mengendalikan efek rasa mual. Madu juga memiliki sifat anti inflamasi dan astringent yang baik untuk mengatasi perut yang sedang panas.

  • Sebagai Sumber Kalori

Rasa manis yang terdapat dalam madu yang berasal dari sukrosa yang sifatnya lebih aman dari glukosa ini di dalamnya juga terdapat karbohidrat kompleks, vitamin B kompleks dan zat besi yang akan memenuhi kalori saat ibu hamil. Sukrosa ini menjadi pilihan sumber energy yang lebih sehat, Vitamin B kompleks merupakan stimulant penting bagi sel dalam menjalankan metabolism. Sementar zat besi akan menhantarkan oksigen dan nutrisi menuju sel dengan memadai.

Secara umum di katakana bahwa madu sepenuhnya nyaman untuk di konsumsi ibu hamil. Bahkan ada banyak sederet manfaat madu untuk ibu hamil dan janin di dalamnya. Namun sebaiknya hati-hati ketika memilih madu. Pilihlah madu yang mempunyai kwalitas baik yang sudah melalui proses sterilisasi dan pasteurisasi. Agar tidak terjadi suatu hal yang tidak di inginkan.

Demikian Informasi yang dapat saya sampaikan tentang manfat madu untuk ibu hamil. Baca juga Manfaat Madu Untuk Kesehatan. Dan smoga setelah membaca artikel ini pengetahuan kita menjadi semakin bertambah dan dapat menjaga kesehatan tubuh.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *