Manfaat Madu Untuk Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas

Manfaat Madu Untuk Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas

Madu merupakan salah satu bahan makanan manis yang sangat lezat dan memiliki banyak kandungan gizi bagi balita. Selain itu madu juga dapat di jadikan sebagai obat untuk membersihkan alat pencernaan dan merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan balita. Salah satu manfaat madu untuk bayi yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi. Mari kita bahas bersama-sama.

manfaat madu untuk bayi usia 1 tahun ke atas

Beberapa Manfaat Madu Untuk Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas

Manfaat madu untuk kesehatan memang sudah banyak terkenal sejak dahulu bahkan dapat mengobati penyakit. Itu semua terjadi karena madu mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dan juga madu mempunyai manfaat untuk bayi usia 1 tahun ke atas.

Meningkatkan perkembangan tulang untuk bayi

Kandungan kalsium yang terdapat dalam madu mudah di serap oleh bayi Sehingga dapt membantu meningkatkan perkembangan tulang pada tubuh bayi. Dengan memberikan Madu dengan air hangat setiap hati akan membuat penyerapan kalsium menjadi lebih baik. Kandungan vitamin C dalam madu juga berfungsi untuk membuat tubuh bayi menerima kalsium dengan baik. Sehingga tubuh bayi tidak akan mengalami kekurangan kalsium.

Mengatasi gangguan pencernaan pada bayi

Gangguan pencernaan pada anak-anak khususnya balita memang sudah tidak asing lagi Karena pada umumnya terkadang pada usia anak-anak kurang begitu memperhatikan kebersihan sehingga bakteri atau virus dapat dengan mudah berkembang dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini kita bisa menggunakan madu dan air dengan air hangat. Madu mengandung bahan alami yang bisa mengelola produksi asam berlebih dalam lambung bayi. Madu juga dapat melawan bakteri yang membentuk gas berlebih dalam saluran pencernaan bayi. Sehingga madu dapat mengatasi gangguan pencernaan pada bayi.

Meningkatkan perkembangan memori otak bayi

Madu mempunyai kandungan anti-oksidan yang berfungsi untuk menigkatkan perkembangan memori otak bayi. Madu akan bekerja untuk meningkatkan fungsi memori otak sehingga bisa mempengaruhi kecerdasan bayi ketika sudah dewasa. Madu yang bisa membantu penyerapan kalsium dari makanan yang lain, Sehingga bisa membuat otak bekerja lebih baik. Kalsium ini sangat penting untuk mendukung proses pemikiran otak bayi.

Membantu tubuh bayi lebih berenergi dan sehat

Madu mempunyai kandungan nutrisi seperti fluktosa, glukosa, laktosa dan sukrosa. Dan jenis – jenis nutrisi ini dapat di serap oleh tubuh bayi dengan sangat mudah. Karena gula alami yang terdapat dalam madu dapat membantu aliran darah dalam tubuh bayi menjadi lebih sehat. Sehingga dapat membantu tubuh bayi lebih berenergi dan sehat.

 

Mengobati batuk pada bayi

Kandungan vitamin yang terdapat dalam madu dapat membuat rogga pernafasan menjadi lebih lega Sehingga sangat baik jika kita memberikan madu untuk blita yang sedang terkena batuk. Bukan hanya itu, Madu juga dapat membuat iritasi pada saluran pernafasan menjadi lebih sehat dan bersih. Jika kita ingin memberikan madu pada anak yang sedang terkena batuk cukup mencobanya dengan memberikan madu yang sudah di campur dengan air hangat.

Melindungi fungsi hati

Fungsi hati pada bayi akan terus berkembang sesuai dengan usianya. Saat bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan pendukung ASI. Makan fungsi asi sang buah hati pun menjadi lebih banyak bekerja. Madu dapat membuat fungsi hati menjadi lebih sehat karena dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, Madu juga dapat membersihkan sumber penyebab demam dengan cara alami dari tubuh, Karena madu juga dapat membuang racun sebagai efek dari pemberian obat kimia.

 

Membantu penyembuhan luka lebih cepat

Jika bayi terluka atau tergores kita bisa mengoleskan luka tersebut dengan madu secara langsung. Karena madu mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik. Sehingga dapat memperbaiki jaringan sel yang telah rusak. Jadi sangat efektif jika kita mengoleskan madu pada anak yang sedang terluka atau tergores.

Namun tahukah anda walaupun madu mempunyai banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan tubuh balita. Saya sarankan untuk tidak memberikan madu secara langsung kepada balita yang masih usia di bawah 1 tahun. Karena hal ini dapat membahayakan kesehatan bayi, Salah satunya dapat mengakibatkan penyakit botulisme.

bahaya madu untuk balita usia 1 tahun ke bawah

Mengapa madu tidak aman untuk bayi di bawah usia 1 tahun?

 Menurut berbagai ahli medis, Sebaiknya tidak memberikan madu kepada bayi baru lahir atau kurang dari 1 tahun karena :

  • Karena kandungan endopora yang terdapat dalam madu dapat menyebarkan pertumbuhan bakteri atau virus clostridium botulisme. Yang dapat menyebabkan keracunan pada masalah pencernaan yang sangat buruk pada bayi. Dan hal tersebut dapat menyebabkan infeksi yang sangat berbahaya untuk kesehatan bayi bahkan dapat menyebabkan kematian.
  • Bayi yang berusia kurang dari 1 tahun dapat mengalami masalah alergi pollen dari madu. Pada kondisi ini juga dapat menjadi lebih buruk apabila bayi sudah bersifat alergi sejak lahir.

Sedangkan jika memberikan madu kepada bayi yang sudah berusia 1 tahun ke atas. Akan mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh bayi tersebut. Karena bayi yang sudah berusia 1 tahun ke atas mereka sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik serta saluran pencernaan yang lebih sempurna.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang manfaat madu untuk bayi. Mudah-mudahan setelah kita membaca artikel ini pengetahuan kita tentang manfaat madu untuk bayi dapat bertambah dan dapat menjadi lebih berhati-hati dalam memberikan madu terhadap buah hati kita.

Terima Kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *